Pahami ini dulu sebelum terjun ke SAHAM istilah-istilah penting dalam saham

 

Hai semua balik lagi sama blog ini ECONOMIC SCOPE dan di artikel ini kita bakal belajar bareng soal aksi korporasi atau corporate action dan istilah-istilah saham.


1.       Aksi korporasi atau corporate action

Jadi dari waktu kewaktu perusahaan itu sebenarnya sering banget ngelakuin aksi korporasi yang bisa mempengaruhi jumlah dan harga saham perusahaan. Contoh dari aksi korporasi itu seperti yang pertama adalah stock split atau pemecahan nilai nominal saham jadi lebih kecil, dengan rasio tertentu, misal stock split dengan rasio 1 banding 2 berarti satu unit saham yang memiliki nilai nominal seribu akan menjadi 2 unit saham yang memiliki nilai nominal 500, sama aja sebenarnya vilanya aksi ini dilakuin supaya saham tersebut bisa menjadi lebih Liquid diperdagangkan. Hanya investor karena memiliki nominal yang lebih rendah alhasil stock split bisa membuat suatu saham lebih mudah diperdagangkan oleh lebih banyak orang, ia lebih terjangkau secara nominal.



2.       Istilah-istilah saham

       Next, ada yang namanya Ride issue atau bahasa indonesia agak panjang nih hak memesan efek terlebih dahulu hmtd dan private placement, ini adalah aksi korporasi dimana perusahaan nerbitin saham baru ke pasar supaya dapat uang baru atau fund raising. Dalam review pemilik saham memiliki hak untuk membeli saham terlebih dahulu supaya mereka enggak kena efek dilusi. Nah dilusi kepemilikan ini adalah penurunan prosentase kepemilikan saham seorang investor karena bertambahnya jumlah saham total. Sedangkan kepemilikan sahamnya enggak bertambah, sedangkan dalam private placement semua pemilik saham memiliki hak untuk membeli saham terlebih dahulu. Nah hal tersebut hanya diberikan kepada investor strategis yang ditunjuk sama perusahaan.

 Alhasil banyak investor yang akan mengalami dilusi kepemilikan saham. banyaknya jumlah saham baru yang diterbitkan juga telah ditentukan sebelumnya dan cermin dalam rasio saham lama dibanding saham baru.

 Yang ketiga ada yang namanya merger and acquisition nah ini adalah aksi korporasi yang menggabungkan dua perusahaan atau lebih jadi satu contoh dari merger di tahun 2021 ada dua raksasa start-up gojek dan Tokopedia gabung menjadi satu yaitu menjadi goto.

 Nah yang keempat adalah buyback nah ini adalah aksi korporasi ketika perusahaan membeli balik nih saham yang udah beredar di pasar. Nah hal ini bikin jumlah saham yang beredar itu makin turun, biasanya ini memberikan sinyal optimis ke pasar terutama kalau misalkan saham tersebut lagi turun, juga bisa jadi signal untuk investor. Kalau misalkan manajemen ngerasa harga saham tersebut lagi murah murahnya.

 Nah terakhir ada yang namanya stock devidend ini adalah aksi korporasi ketika perusahaan mendistribusikan sejumlah saham baru secara gratis kepada para pemegang saham. Perusahaan secara proposional terhadap porsi kepemilikannya contohnya kalau misalkan suatu perusahaan itu melakukan 10% stock devidend maka seorang investor yang memiliki 500 lembar saham akan menerima 50 lembar saham baru. Selain dari aksi korporasi ada beberapa istilah juga yang kita harus tahu contohnya adalah saham blue chip bigcaps itu adalah saham dengan ukuran kapitalisasi pasar yang gede seperti bca atau astra.

Ada juga fear of missing out atau FOMO ini merupakan istilah untuk investor yang takut ketinggalan tren sehingga membeli saham tertentu sebelum melakukan analisa yang mendalam. Next, Bullish ini adalah istilah untuk kondisi saat pasar saham lagi trend naik atau menguat. Next, ada yang namanya ARB ini adalah auto reject bawah dan ARA ini adalah Auto reject atas adalah batas maksimal penurunan harga saham sebaliknya misalkan ARA itu adalah batas maksimal kenaikan harga saham yang diperbolehkan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia dalam satu hari perdagangan. Intinya ada banyak aksi korporasi yang bisa mempengaruhi performance keuangan dan juga harga saham Selain itu dalam memulai perjalanan kamu sebagai investor penting juga untuk mengenal istilah-istilah di dalam dunia saham, yang kamu bisa baca lebih lengkap di blog ini.

Semoga materi ini berguna dalam perjalanan investasi kamu dan stay tune terus di ECONOMIC SCOPE

BACA JUGA Sebelum investasi WAJIB TAU Reksadana dan Jenis-jenisnyaInvestasi apa yang paling baik untuk pemula3 komponen Laporan keuangan diperusahaan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANK : PENGERTIAN DAN JENISNYA

Minyak Goreng Merah vs Minyak Goreng Biasa: Mana yang Lebih Baik?

Investasi apa yang paling baik untuk pemula