Akun yang terdapat pada laporan laba rugi/income statement

helowwww balik lagi di blog kesayangan warga +62

Apakah kamu pernah melihat/mendengar laporan laba rugi perusahaan dan merasa bingung dengan angka-angkanya? Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tetang Akun yang terdapat pada laporan laba rugi/income statement. tapi sebelum itu kita perlu memahami apa itu laporan laba rugi/income statement.

apa itu laporan laba rugi?

Laporan laba rugi atau income statement adalah sebuah laporan keuangan yang digunakan untuk menunjukkan pendapatan dan biaya perusahaan selama periode tertentu, biasanya satu tahun. Laporan ini memberikan gambaran tentang seberapa baik perusahaan menghasilkan laba atau rugi dari kegiatan operasional dan non-operasional selama periode tersebut.

Dalam laporan laba rugi, akan dicatat pendapatan, biaya produksi, biaya operasional, biaya bunga, dan pajak penghasilan. Dari informasi-informasi tersebut, laporan laba rugi akan menghitung laba kotor dan laba bersih yang diperoleh oleh perusahaan selama periode tersebut.

Laporan laba rugi sangat penting bagi perusahaan dan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui kinerja keuangan perusahaan. Dari laporan ini, dapat diketahui apakah perusahaan menghasilkan laba atau rugi, seberapa efektif perusahaan dalam mengelola biaya operasional, dan bagaimana perusahaan menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber.

Setelah memahami apa itu laporan laba rugi selanjutnya kita akan membahas akun apa saja yang terdapat dalam laporan laba rugi/balance sheet.

akun berikut yang terdapat pada laporan laba rugi adalah :

1.       Pendapatan (revenue) adalah uang yang diterima perusahaan dari penjualan produk atau jasa selama periode tertentu.

2.       Harga pokok penjualan (cost of goods sold) adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membuat atau membeli produk yang dijual selama periode tertentu.

3.       Laba bruto (gross profit) adalah selisih antara pendapatan dan harga pokok penjualan. Ini menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan setelah mengeluarkan biaya untuk membuat atau membeli produk.

4.       Biaya operasional (operating expenses) adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menjalankan bisnis, seperti biaya gaji, biaya sewa, atau biaya iklan.

5.       Laba operasi (operating income) adalah selisih antara laba bruto dan biaya operasional. Ini menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan setelah mengeluarkan biaya operasional.

6.       Biaya bunga (interest expenses) adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar bunga pada pinjaman atau utang.

7.       Pendapatan bunga (interest income) adalah uang yang diperoleh perusahaan dari investasi atau tabungan yang menghasilkan bunga.

8.       Laba sebelum pajak (income before taxes) adalah selisih antara laba operasi dan biaya bunga. Ini menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan sebelum membayar pajak.

9.       Pajak penghasilan (income tax) adalah pajak yang harus dibayar perusahaan pada pendapatan yang diperoleh.

10.   Laba bersih (net income) adalah selisih antara laba sebelum pajak dan pajak penghasilan. Ini menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan setelah membayar pajak.

 

 Dengan memahami arti dari setiap akun-akun dalam laporan laba rugi, kita dapat mengevaluasi kinerja keuangan suatu perusahaan dan membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan terinformasi

 baca juga artikel economic scope lain nya :

1. Investasi apa yang paling baik untuk pemula

2. 3 komponen Laporan keuangan diperusahaan

3. Sebelum investasi WAJIB TAU Reksadana dan Jenis-jenisnya

4. Pahami ini dulu sebelum terjun ke SAHAM istilah-istilah penting dalam saham

5. Apa yang dimaksud dengan balance sheet atau neraca serta 3 komponennya


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANK : PENGERTIAN DAN JENISNYA

Minyak Goreng Merah vs Minyak Goreng Biasa: Mana yang Lebih Baik?

Investasi apa yang paling baik untuk pemula